Header Ads

membangun hubungan yang lebih baik

kita hidup di dunia ini pasti berhubungan dengan orang lain yang juga hidup di dunia ini. orang yang bahagia cenderung memiliki banyak teman. bisa membangun...

hubungan yang saling mendukung, dan sering menghabiskan waktu dengan orang bahagia lainnya. pershabatan tidak terjadi begitu saja, tetapi membutuhkan investasi dan pemeliharaan. sebagai salah satu sumber kaebahagiaan yang tak terbatas, hubungan berperan sebagai fondasi yang menjelaskan keadaan dan cara kita menjalani hidup.
Diantara yang memudahkan kita dan juga mempebaiki hubungan kita dengan orang lain yaitu:

1. Tidak membanding-bandingkan
kebutuhan dan keinginan kita berbeda-beda sehingga apa yang membuat seseorang bahagia mungkin tidak akan membahagiakan bagi orang lain. kita masih mudah terjebak untuk melihat apa yang dimiliki oleh orang lain dan berpikir bahwa kita juga membutuhkan hal seperti itu. tindakan seperti ini tidak membantu dan hampir pasti akan bermuara pada ketidakbahagiaan.berdasarkan penelitian, orang yang paling bahagai adalah orang yang menghargai apa yang mereka miliki dan tidak terlalu fokus dengan apa yang tidak mereka miliki.
2. berkomunikasi dengan efektif
ketika berinteraksi dengan orang lain kemukakan pendapat anda dengan nada rileks sambil mengecek volume dan tinggi suara anda. semakin tinggi atau terlalu bersemangat anda bersuara maka semakin kecil kemungkinan orang lain akan mendengarkan hal yang anda sampaikan.
3. berkomunikasi dengan asertif
yaitu dengan mengekspresikan diri anda dan kepentingan anda dengan cara yang pantas, langsung, dan bijaksana sambil tetap mempertimbangkan perasaan da kepentingan orang lain. apabila anda menghadapi konflik, buatlah penilaian tentang pikiran2 kebutuhan , dan perasaan oran lain sebelum anda mengemukakan pendapat. pikirkan pendapat anda baik2 sebelum anda mengutarakannya, dan sampaiakanlah dengan cara yang netral. dengan demikian anda bisa mengembangkan hubungan sosial anda dengan kemampuan memetakan situasi seperti ini.

Tidak ada komentar:

isi dengan komentar yang bermanfaat bagi penulis

Diberdayakan oleh Blogger.